Dianggap Telah Menghina Raja Malaysia, 3 Warga Ditahan Polisi

Oleh Yaya Jarkasi, Ade Danty   ยท   11 Jan 2019 12:19 WIB   

Kabar mengenai keputusan Raja Malaysia yang turun tahta ternyata mengundang banyak reaksi publik. Banyak yang menyayangkan keputusan tersebut mengingat selama menjadi Yang Mulia Yang Dipertuan Agong, Sultan Mohammad V dikenal sebagai sosok kepala negara yang bijaksana dan adil serta dicintai oleh rakyatnya.

Sultan Mohammad V resmi turun tahta pada Minggu, 6 Januari lalu setelah memegang kekuasaan tertinggi di negeri Jiran tersebut kurang lebih 2 tahun lamanya. Kabar turunnya Sang Raja itu juga menimbulkan sejumlah spekulasi bahkan berujung pada kasus hukum. Raja yang dikabarkan telah menikahi mantan putri kecantikan asal Rusia, Oksana Voevodina itu belakangan ini semakin santer menjadi pembicaraan.

Pasalnya terdapat 3 orang baru-baru ini yang ditahan akibat diduga menghina Raja ke-15 Malaysia itu. Dua diantaranya adalah pria dan satu wanita. Mereka adalah Eric Liew Chee Ling (46), Azham Akhtar Abdullah (27) dan Nur Alia Astaman (26) yang diduga menghina raja melalui akun facebook dan twitter. Unggahan mereka telah dihapus setelah ramai dibicarakan oleh netizen lainnya. Namun, bukti screenshoot telah dikantongi oleh pihak kepolisian.

Mereka dianggap melanggar Undang-undang anti penghasutan Malaysia dan telah diamankan sejak Selasa lalu. Kepala Kepolisian, Inspektur Jenderal Polisi Mohamad Fuzi Harun mengingatkan pada masyarakat agar tidak membuat postingan yang berisi hasutan sehingga menimbulkan pemberitaan atau spekulasi mengenai turun tahtanya Sang Raja yang berusia 49 tersebut.

Kanal Kiriman Pembaca terdiri dari video dan artikel kiriman pembaca VidioViral.Com dan kami tidak bertanggung jawab atas isinya. Untuk melihat kiriman lain dari kontributor ini, silakan kunjungi situs berikut [Yaya Jarkasi]