Detik-Detik Gempa 7,3 SR di Iran Yang Menewaskan 445 Orang Lebih

Oleh Citra Orwella   ยท   14 Nov 2017 13:18 WIB   
Gempa berkekuatan 7,3 skalaRichterterjadi di kawasan pegunungan di perbatasanIran dengan Irak.Gempa berkekuatan besar itu merobohkan banyak bangunan bahkan getarannyadilaporkan sampai di Turki. Sebanyak lebih dari 445 orang tewas akibat gempabumi berkekuatan dahsyat tersebut. 

Kantor berita Tasnim menyatakan setidaknyaada 7.370 orang lainnya luka-luka dalam bencana gempa bumi tersebut.

Jumlah korban baik tewas maupun lukadiperkirakanakan masih terus bertambah. Hal inimengingat petugas penyelamat belum dapat mengakses daerah-daerah terpencil yangberada di pegunungan.

Gempa bumi membuat ribuan warga disebelah barat Provinsi Kermans, Iran harus berjuang menahandingin saat malam tiba.Lebih dari setengah kerusakan akibat gempa,berada di provinsi tersebut.Bahkan, satu-satunyarumah sakit yangberadadi pusat kota itu juga ikut hancur akibat gempa.

Palang Merah Iranmenyatakan setidaknya 70.000 orang membutuhkan tempat penampungan darurat di 14provinsi. Sementara itu, aliranlistrik sendiri telah terputus di sebagian kota di daerahperbatasan negara Iran dan Iraqtersebut. Sampai saat ini, masyarakat di sana masihdiliputirasa takut jika ada gempa susulan.

Proses evakuasi dan penyelamatan terus dilakukan aparat. Namun, proses tersebut masihbanyak terhambat oleh kondisi tanah yang longsor. Kementeriankesehatan jugaterus menyerukan kebutuhan donor darah mengingat banyak korbanterluka membutuhkan tranfusi darah.