Cerita SBY Soal Isyarat Kain Batik Berwarna Hitam Pesanan Bu Ani Untuk Lebaran

Oleh Sesar Aji, Rina   ·   05 Jun 2019 17:46 WIB   

Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bersama keluarga besarnya Rabu (5/6) hari ini mengunjungi makam almarhum Ani Yudhoyono di Taman Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan.

Dalam kesempatan itu ia bercerita kepada kerabat dan wartawan yang ikut datang ziarah tentang isyarat kain batik berwarna hitam sawunggaling pesanan Bu Ani. Kain tersebut dipilih sebagai bahan untuk membuat baju lebaran keluarga.

“Saat di rumah sakit, biasanya batik yang dipilih itu warnanya terang bapak dan ibu. Tetapi saya tidak mengerti barangkali tidak kuasa menangkap isyarat yang ada di balik pilihan batik yang kami gunakan sekarang ini," ungkap SBY.

SBY tak menyangka jika batik itu menjadi isyarat dari sang istri sebelum wafat pada Sabtu (1/6) lalu. Konon, tuturnya, pengertian baju batik tersebut mengibaratkan sebuah burung yang terbang ke surga.

"Jenazah Ibu Ani lah yang ditutup kain batik yang ia pilih. Jadi ternyata yang dimaksudkan oleh Ibu Ani adalah batik tersebut digunakan saat dirinya wafat," kenangnya sembari menahan air mata.