Cerita Penyerahan Bendera Pusaka yang Sempat Hilang dari Soekarno ke TNI

Oleh Ati Johan   ยท   08 Agu 2018 16:30 WIB   

Bendera Pusaka Sang Saka Merah Putih adalah sebutan bendera pertama Indonesia yang dibuat langsung dengan tangan ibu negara yaitu Ibu Fatmawati. Bendera Pusaka pertama kali dikibarkan pada saat Proklamasi kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945. Walaupun seharusnya Bendera Pusaka disimpan di Monas, Bendera Pusaka masih disimpan di Istana Negara.

Pada saat Soeharto akan menjadi inspektur upacara HUT RI untuk pertama kalinya, namun Bendera Pusaka tidak ditemukan hanya ada duplikatnya, hal ini tentu saja cukup membuat heboh istana negara. Saat itulah diketahui ternyata Bendera Pusaka dipegang langsung oleh Presiden Soekarno, beliau berkata " Apa TNI AD sanggup menyelamatkannya?"

Namun saat diyakinkan bahwa TNI AD akan menjaga Bendera Pusaka Merah Putih dengan aman. Walaupun terlihat berat hati namun akhirnya Presiden Soekarno memberikan bendera tersebut kepada Panggabean dan meminta agar Bendera Pusaka diletakkan ditempat khusus yang telah disiapkan.

Rachmawati Sukarnoputri menjadi saksi penyerahan Bendera Pusaka kepada TNI. "Sore itu adalah suatu peristiwa yang sangat penting dan mempunyai nilai sejarah yang tak terlupakan.