BPOM Merilis 3 Merk Ikan Sarden Kaleng Berisi Cacing

Oleh Kiki Lestari, Aldi   ยท   23 Mar 2018 08:41 WIB   
Belakangan ini media sosial tengahdihebohkan dengan penemuan cacing di dalam ikan sarden kalengan berjenismackarel yang diimpor dari Tiongkok. Banyak video serta foto-foto yang beredarmengenai penemuan cacing t ersebut.

Seperti video di atas, ditemukancacing-cacing berwarna putih saat petugas Disperindagkop UKM dan DinasKesehatan Serta JPKP Kabupaten Kepualauan Meranti menuangkan isi sarden kedalam piring. Inspeksi ini dilakukan di toko sembako setelah petugas mendengarisu-isu yang tengah beredar di masyarakat terkait cacing di dalam kalengsarden. Dari dua kaleng yang di jadikan sampel, terbukti keduanya mengandungcacing pita.

Menindak lanjuti hal tersebut, berdasarkanberita yang di rilis oleh Tempo.co, BPOM (Badan Pengawan Obat dan Makanan)merilis hasil uji laboratorium tiga produk ikan kaleng atau ikan sarden yangterbukti positif mengandung cacing. Produk-produk tersebut adalah ikan sardenkareng makarel degan merek IO, Farmer Jack dan HOKI.

BPOM menyerukan agar ketigaproduk tersebut segera ditarik dari peredaran dan masyarakat tidakdiperkenankan untuk mengkonsumsinya. Hasil uji laboratorium mengungkap bahwamemang benar di dalam produk sarden tersebut terdapat cacing. Tetapi bukancacing pita seperti yang diviralkan di media sosial, melaikan jenis cacingAnisakis atau cacing cantik.

Cacing ini dapat mengakibatkanpenyakit apabila dikonsumsi tanpa dimasak atau dikonsumsi dalam keadaansetengah masak. Cacing ini juga dapat menyebabkan alergi seperti gatal-gatalpada kulit, serta menimbulkan sesak nafas bagi konsumen yang memiliki riwayatpenyakit asma.

Kanal Kiriman Pembaca terdiri dari video dan artikel kiriman pembaca VidioViral.Com dan kami tidak bertanggung jawab atas isinya. Untuk melihat kiriman lain dari kontributor ini, silakan kunjungi situs berikut [Kiki Lestari]