Bikin Merinding, Penampakan Angin Puting Beliung Di Kepulauan Seribu

Oleh Pribadi J.S, B K   ยท   24 Okt 2017 11:01 WIB   
Warga Kepulauan Seribu dkagetkan dengan kemunculan angin puting beliung. Kejadian ini terekam oleh video amatir dari seorang warga, Hilman, yang hari ini kebetulan sedang melintas dengan perahu sekitar pukul 9.15 tadi pagi (23/10), ketika dalam perjalanan hendak menuju ke Pulau Kelapa.  Momen tersebut sempat diabadikan oleh Hilman dengan kamera ponsel, walaupun dalam keadaan takut karena berjarak sangat dekat dengan pusaran angin puting tersebut. Kejadian tersebut berlangsung secara tiba - tiba karena waktu itu keadaan laut sedang tenang. Tapi kemudian langsung turun hujan disertai dengan petir dan angin kencang. Tampak dalam video tersebut, tiga angin puting beliung  tengah berjajar di atas perairan laut kepulauan seribu.

Sebagai informasi, angin puting beliung yang muncul di atas laut dikenal dengan nama Tornado Waterspout. Fenomena ini biasanya muncul ketika terjadi hujan lebat disertai angin kencang dan petir dan berlangsung dalam durasi yang singkat, sekitar 10 menit.

Menurut keterangan dari Kabag Humas Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Hary Tirto Djatmiko, Tornado Waterspout adalah fenomena alamiah yang kerap terjadi, terutama di musim pancaroba, dari musim kemarau ke musim hujan maupun sebaliknya. 

Kanal Kiriman Pembaca terdiri dari video dan artikel kiriman pembaca VidioViral.Com dan kami tidak bertanggung jawab atas isinya. Untuk melihat kiriman lain dari kontributor ini, silakan kunjungi situs berikut [Pribadi J.S]