Bikin Foto Jadi Cantik di Alat Peraga Kampanye, Seorang Caleg Digugat

Oleh Nur Lella   ยท   17 Jul 2019 08:10 WIB   

Farouk Muhammad melaporkan KPU NTB ke MK lantaran meloloskan calon Anggota DPD RI bernama Evi Apita Maya ke Senayan. Gugatan itu dipicu oleh dugaan Farouk bahwa Evi mengedit fotonya menjadi cantik sehingga bisa lolos menjadi anggota dewan.

Farouk sendiri merupakan anggota DPD RI tahun 2015-2019 dari NTT, namun ketika mencoba lagi menjadi anggota dewan, Farouk gagal terpilih dan kalah saing dengan Evi lawan politiknya.

Gugatan ini sempat disidangkan oleh MK pada Senin (15/7) lalu, namun Hakim MK I Dewa Gede Palguna mengaku kaget dan baru tahu jika ada kasus kekalahan di Pemilu karena foto editan baliho yang kelewat cantik.

Palguna mengaku tidak memiliki kapasitas untuk menilai seberapa besar keaslian suatu foto. Sehingga Hakim MK tersebut menyerahkan kepada semua pihak untuk membuktikan apakah ada pengaruh foto pada perolehan suara.

Sementara itu, KPU NTB mengklarifikasi bahwa pihaknya telah melakukan validasi sesuai aturan pemilu terhadap foto Evi dari penyerahan foto hingga penandatangan berkas foto.