Bersihkan Sampah Usai Laga Tandang Di Myanmar, Jakmania Dipuji Media Asing

Oleh Sesar Aji   ·   14 Mar 2019 13:01 WIB   

Aksi para suporter Persija Jakarta atau yang dikenal dengan sebutan The Jakmania ini menuai pujian dari berbagai pihak, bahkan ada sanjungan dari sebuah media asing. Ya, Fox Sport Asia menyanjung aksi The Jakmania yang bersih-bersih sampah di Stadion Thuwanna YTC, Myanmar, usai tim kesayangannya itu bertanding tandang melawan Shan United dalam laga di Piala AFC 2019 pada Selasa (13/3).

“Kebiasaan yang luar biasa! Suporter Persija terlihat membersihkan stadion setelah Persija berhasil menang melawan tuan rumah Shan United. Sekali lagi mereka memenangkan hati kami,” tulis akun Intagram resmi Fox Sport Asia, @foxsportasia, dalam bahasa Inggris.

Salah satu suporter yang ikut memunguti sampah, Ezza, mengatakan jika aksi tersebut dianalogikan seperti sebuah keharusan saat bertamu ke rumah orang. Dimana ketika datang dalam keadaan bersih dan rapi, maka pulangnya juga harus dalam keadaan seperti semula.

“Spontan saja mengambil kemasan minuman plastik, lalu kami kumpulkan sampah. Selama 90 menit kami di stadion. Satu komando, kami bersihkan dan videonya ternyata tersebar sekaligus memberikan kesan positif agar kebiasaan menonton di stadion tetap terjaga,” tambah Ezza dikutip dari Wartakota.