Begini Cara Tolong Korban Pelecehan Seksual

Oleh Tomi Tamtowi, Ade Danty   ยท   08 Jun 2018 09:53 WIB   

Baru- baru ini, berita di Indonesia tengah dihebohkan dengankabar pelecehan seksual yang dilakukan kepada bintang dangdut Indonesia saatini yakni Via Vallen. Via Vallen mendapatkan pelecehan seksual ketika ia dikirimin sebuah text gambar olehBintang Sepakbola Indonesia melalui Media Sosial Instagram.

Berbicara tentang pelecehan seksual tentunya kita tidakingin itu terjadi kepada kita atau kepada orang- orang yang kita kenal. Bila pelecehan seksual tersebut terjadi padaorang orang terdekat, ada beberapa tips bagaimana cara untuk menolong korbanpelecehan tersebut.

Hal yang pertama yang harus dilakukan adalah medengarkankeluhan korban. Hal ini dilakukan untukmemeberikan sebuah empati kepada korban agar ia mau menceritakan tentang apayang sedang terjadi. Selain itu, dengan mendengarkan, kita bisa mengertitentang keluh kesah korban dan dari sanlah kita bisa memberika solusipermasalahan tersebut.

Langkah kedua adalah berpihak kepada korban. Keberpihakandalam permasalahan ini sangat diperlukan karena korban butuh dukungan untukmembantu memecahkan permasalahan ini. Dengan cara ini juga kita dapat memahamipenderitaan korban dan juga membantu korban untuk bisa mengungkapkan kejadianyang telah terjadi.

Yang ketiga adalah jangan menyalahkan korban. Dengan tidakmenyalahka n korban, kita dapat memberikan rasa nyaman terhadap korban dan jugamenyanyinkan dia bahwa ia tidak sendirian untuk mengatasi masalah ini.

Kanal Kiriman Pembaca terdiri dari video dan artikel kiriman pembaca VidioViral.Com dan kami tidak bertanggung jawab atas isinya. Untuk melihat kiriman lain dari kontributor ini, silakan kunjungi situs berikut [Tomi Tamtowi]