Bedakan Siswa Berdasarkan Derajat Sosial, Sekolah Ini Diperiksa

Oleh Enjang Ghozali, Ade Danty   ยท   20 Des 2018 18:23 WIB   

Perbedaan agama, suku, ras, dan golongan sudah seharusnya dipahami oleh setiap manusia karena kita dilahirkan dalam keadaan yang memang tidak semua sama. Namun, sikap membedakan atau diskriminasi dari suatu golongan terhadap golongan yang lain masih saja marak terjadi. Seperti yang baru-baru ini terjadi di distrik Vaishali, negara bagian Bihar, India. Sebuah sekolah melakukan diskriminasi terhadap siswanya sendiri.

Mereka memisahkan para siswa berdasarkan agama dan kasta. Hal tersebut kemudian sampai ke telinga Menteri Pendidikan Bihar, Prasad Verma yang sangat tidak setuju dengan adanya diskriminasi. Sang menteri langsung memeriksa sekolah negeri tersebut melalui sejumlah jajarannya.

Menurut kepala sekolah yang bernama Meena Kumari, tak ada aksi diskriminasi di sekolahnya. Mereka hanya melakukan pemisahan agar sistem pengajaran yang beda dapat berjalan dengan tepat dan sesuai dengan golongan siswanya. Mereka memisahkan antara siswa beragama Islam dengan Hindu. Selain itu, pemisahan antara kasta yang paling rendah di India, yakni Dalit dan yang lebih tinggi juga diberlakukan.

Hal ini dilaporkan setelah pengawas melakukan investigasi langsung ke sekolah tersebut. Mereka juga menemukan absensi siswa yang dibedakan berdasarkan agama dan kasta serta situasi dimana para siswa Muslim dan kasta Dalit tidak dapat mengunjungi kelas siswa lainnya. Namun, saat jam bermain dan pulang sekolah, para siswa tetap bersama-sama. Menteri pendidikan menyatakan bahwa siapapun yang terbukti terlibat dalam tindakan diskriminasi akan mendapat sanksi.

Kanal Kiriman Pembaca terdiri dari video dan artikel kiriman pembaca VidioViral.Com dan kami tidak bertanggung jawab atas isinya. Untuk melihat kiriman lain dari kontributor ini, silakan kunjungi situs berikut [Enjang Ghozali]