Indonesia Protes TKI Tuti Tursilawati 'Diam-diam' Dieksekusi Saudi

Oleh Sesar Aji, Rina   ·   31 Okt 2018 08:19 WIB   

Seorang Tenaga Kerja Wanita (TKW) Indonesia yang bekerja sebagai pembantu rumah tangga, Tuti Tursilawati, dieksekusi mati oleh Pemerintah Arab Saudi pada hari Senin (29/10) kemarin. Meninggalnya Tuti menimbulkan kemarahan Pemerintah Indonesia karena Arab Saudi tidak mengirimkan pemberitahuan sebelumnya kepada Kedutaan Besar RI di Riyadh.

Atas dasar tersebut, Pemerintah akan mengajukan protes resmi kepada Arab Saudi. Menteri Luar Negeri Retno Marsuadi mengatakan sudah berbicara dengan Kementerian Luar Negeri Saudi atas masalah tersebut. “Setelah menerima kabar itu sayang langsung menghubungi Menlu Saudi. Saya sampaikan protes dan concern kita yang sangat mendalam,” Tutur Retno.

Tuti divonis mati oleh pengadilan tinggi Saudi pada tahun 2011 karena dituduh membunuh ayah dari majikannya. Perwakilan RI sudah beberapa kali mengajukan banding untuk Tuti karena tindakannya hanya untuk membela diri dari kekerasan dan pelecehan seks yang dialaminya. Namun pengadilan tidak mengabulkan banding dan tuti tetap dihukum mati.

Kanal Kiriman Pembaca terdiri dari video dan artikel kiriman pembaca VidioViral.Com dan kami tidak bertanggung jawab atas isinya. Untuk melihat kiriman lain dari kontributor ini, silakan kunjungi situs berikut [Sesar Aji]