Angklung Day, 5.000 Pelajar Pecahkan Rekor Dunia di Bandung

Oleh Sesar Aji   ·   18 Nov 2018 19:23 WIB   

Sebanyak 5.500 pelajar yang terdiri dari siswa TK hingga SMA/SMK memecahkan rekor dunia dengan bermain angklung secara serentak di Bandung pada hari Minggu (18/11). Penghargaan tersebut diberikan oleh lembaga rekor dunia versi Record Holders Republic (RHR) di Gedung Sate. Acara ini sendiri diprakarsai Keluarga Besar Bumi Siliwangi (Kabumi), unit kegiatan mahasiswa seni tradisional Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung.

Dalam acara yang bertajuk Angklung’s Day itu, para pelajar yang terdiri dari 170 grup itu terlihat antusias selama kegiatan berlangsung. Para pemain memainkan 10 lagu dengan instrumen angklung. Tidak hanya lagu daerah Indonesia, tetapi juga mancanegara.

"RHR memberikan penghargaan kepada panitia Angklung’s Day dari Kabumi UPI yang memainkan angklung sebanyak 170 grup dalam waktu 30 menit," kata perwakilan RHR, Lia Mutisari saat menyerahkan penghargaan di atas panggung.

Acara Angklung’s Day ke-9 ini juga dihadiri oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, sebagai perwakilan pemerintah dalam hal ini Dinas Pariwisata dan Kebudayaan.