5 Kota Di Dunia Yang Hanya Dihuni Oleh 1 Orang

Oleh Citra Orwella   ยท   18 Nov 2017 14:48 WIB   

Banyak kotametropolitan dunia berpenduduk hingga belasan atau bahkan puluhan juta. Seperti Indonesia dihuni 200 juta lebih manusia. Namun sebaliknya, ada beberapa kota di berbagai bagian dunia iniyang memiliki populasi tunggal. Inilah lima kota di dunia yang dihuni hanya satu orang penduduk !

1. Monowi,Nebraska

ElsieEiler merupakan perempuanyang paling dihormati di Monowi, Nebraska, Amerika Serikat . Hal ini dikarenakan wanita berusia 77tahun ini adalah penduduktunggal di Monowi hingga dia bisa menyebut diri dengan sesukanya. Hingga tahun 2004,kota kecil itu hanya memiliki 2 penduduk, yaitu Eiler dan suaminya. Rudy sendiri meninggal pada tahun 2004.

2. Tomioko Jepang

Naoto Matsumura(54) adalah satu-satunya warga dikotaTomioka, Jepang. Kota yang terletak di sekitar pembangkit listriktenaga nuklir (PLTN) Fukushimaditetapkan sebagai zona terlarang setelahPLTNitu dihantam gempa dan tsunami susulan pada 11 Maret 2011.

Melelehnya PLTN menyebabkan kontaminasi kadartinggi ke daerah sekitarnya sehingga ratusan ribu penduduk yang saat itu berada di Tomioko harusdievakuasi. Lahasil, Naoto Matsumura saat ini menjadi penduduk tunggal dikota yang dulunya berpenduduk hampir16 ribu orang itu. Naoto bahkan rela hidup di sana tanpa aliran air ataupunlistrik.

3. Jordan River, Kanada

Hugh Pite (72) menjadidatu-datunya warga di kota Jordan River. Warga kota ini memang diungsikankarena kota Jordan Riverdekat dengan kotaVancouver, salah satu kota yang seringmengalami gempa dan banjir.

Kota ini sebenarnya nyamandengans sebuah pantai yangcantik. Suasana kota yang tenang sangat cocok sekali bagi pencinta kehidupanpantai. Pite mengaku tidak mau pindah dari Jordan River karena di sana dia bisabebas berselancar di pantai.

4. Villa Epucen, Argentina

Pablo Novak (81) menjadi penduduk tunggal di sana.Di 1920-an, ada sebuah desa wisataVilla Epecuen yang dibangun di sepanjang pantai Lago Epecuen, sebuah sungaiasin yang terletak 600 kilometer di barat daya Buenos Aires, Argentina. Lago Epecuen sendiri terlihat sama seperti danau lain pada umumnya, hanya saja kadar garam pada airnya sangat tinggi.

Pada 10 November 1985, air bah yang besar menjebol bendungan dan menerjang sebagianbesar wilayah kota Villa Epucen. Menjelang 1993, banjirtersebut lambat laun mulai menenggelamkan kota dengan airsetinggi 10 meter. Hampir 25tahun kemudian, pada 2009, iklim basah berbalik dan air mulai surut.Pablo Novak pun kembali ke kota itu. Alasannya, karena terlalu banyakkenangan di sana.

5.Cass, Selandia Baru

Cass berada di Distrik Selwyn dalam Canterbury,pulau selatan Selandia baru. Barrie Drummond adalah satu-satunya penduduk yang tinggal di kota itu. KetikaBarrie Drummond ditawari suatu pekerjaan di Cass, dia memperkirakanhanya akan bertahan 2 tahunkarena harus hidup sendirian di sana. Namun ternyata, setelah 25 tahun,Drummond malah mengatakan tidak mau pergi walaupun hanya sendirian menjadipenduduk di sana.

Pria berusia 65 tahun itu bekerja untuk KiwiRail. Tugasnya adalah bertanggungjawabatas bagian tertinggi lintasan rel yang menghubungkan Christchurch denganGreymouth. Drummond mengaku tidakpernah kesepian atau terasing.