2.013 Warga Sumenep Cipatkan Rekor Egrang Berkostum Unik

Oleh Nur Lella   ยท   06 Sep 2018 05:50 WIB   
Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (Leprid) memberikan penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Minggu (2/9/2018) pagi.

Prestasi itu diraih sebagai penyelenggara Naik Egrang Berkostum Unik dengan peserta terbanyak.

"Sumenep bukan mencetak, tetapi pencipta rekor naik egrang berkostum unik dengan peserta terbanyak hingga 2.013," tegas Ketua Umum dan Pendiri Leprid, Paulus Pangka, SH di Sumenep.

Ia menjelaskan, untuk kategori rekor dunia saja pesertanya cukup 250. Namun, yang terjadi di Sumenep ini pesertanya mencapai 2.013. "Ini luar biasa. Sukses untuk Sumenep," ujarnya.

Menurutnya, naik egrang dengan kostum unik tidak ada di negara lain. Naik egrang hanya ada di Indonesia. "Maka sudah layak, rekor yang diraih Sumenep ini rekor dunia," tandasnya.

Penghargaan diterima langsung oleh Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi di depan ribuan warga Sumenep. Penghargaan juga diberikan pada pendukung acara.

Naik egrang dengan kostum unik tersebut dilepas oleh Bupati Sumenep, A Busyro Karim dari depan Masjid Keraton Sumenep.

Rute yang dilalui sekitar 2,7 kilo meter. Star depan Masjid Keraton Sumenep, Jl. Trunojoyo lewat utara taman bunga menuju Museum Keraton. Putar balik dan lewat depan kodim menuju finish depan Kantor Bappeda.